Rabu, 03 Desember 2014

Makalah Sejarah (Revolusi Cina)



MAKALAH SEJARAH
REVOLUSI CINA




KELOMPOK 3 :
Nur Asra Nasir (3)
Santriwati (7)
Rahman Nur(19)
Ananda Febri Yustika A (24)
Rizqi Awaliah Ramadani (35)


SMA NEGERI 1 BANTAENG
2014/2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Revolusi Cina
Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan Makalah ini.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kami. Amin.
Bantaeng, 26 September 2014


Tim Penulis


















DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
Bab II Pembahasan
A.      Latar Belakang Timbulnya Nasionalisme Cina
B.       Sebab-Sebab Nasionalisme Cina
C.       Jalannya Revolusi Cina
D.      Revolusi Tiongkok
E.       Azas Sain Min Chu I
F.        Partai Kuo Min Tang dan Kung Can Tang
G.      Perkembangan Revolusi Cina
H.      Revolusi Meletus di Cina Selatan
Bab III Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Daftar Pustaka













BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Revolusi China 1911 dan Cina dalam perang dunia I terjadi karena timbulnya nasionalisme China. Dengan adanya penyelewengan dan kelemahan dinasti Manchu. Dinasti Manchu merupakan pemerintahan asing sebab bangsa Manchu bukan penduduk asli China. Dinasti Manchu memerintah secara feodal, memperbudak rakyat China. Sesudah kaisar besar dari Manchu meninggal dunia, lenyap pulalah masa kemakmuran China. Dengan terjadinya perebutan kekuasaan diantara putra-putra kaisar.
Negeri Cina diperintah oleh raja-raja secara turun-temurun. Dinasti Mansyu adalah Dinasti terakhir yang memerintah Cina dengan cara kolot dan tidak mau menerima pengaruh asing.
B.       Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk mengetahui latar belakang sejarah revolusi Cina. Dan untuk mengetahui perkembangan Revolusi Cina.














BAB II
PEMBAHASAN

A.      Latar Belakang Timbulnya Nasionalisme Cina
Cina merupakan negara yang memiliki sejarah cukup tua. Negara ini diperintah oleh berbagai dinasti. Kepala pemerintahannya disebut kaisar. Salah satu dinasti asing yang pernah menguasai Cina adalah dinasti Manchu (dinasti Ching) 1644 – 1912 yang berasal dari Manchuria.
Nasionalisme Cina tersulut setelah rakyat kecewa terhadap penguasa Manchu yang dinilai bukan dinasti keturunan Cina. Kebencian itu semakin memuncak setelah bangsa Inggris mengungguli pasukan kaisar dalam Perang Candu tahun 1842. Kaisar dinilai lemah dan bertanggung jawab atas penderitaan rakyat Cina akibat penjajahan bangsa Eropa, AS dan Jepang. Akhirnya revolusi pun pecah. Kaisar Manchu tahun 1911 digulingkan oleh rakyatnya sendiri dan Cina menjadi republik. Namun republik ini rapuh karena panglima perangnya saling bertikai.
Dr. Sun Yat Sen merupakan tokoh nasionalis Cina ternama. Ia mencita-citakan Cina baru yang didasarkan San Min Chu I (Tiga Sendi Kedaulatan Rakyat) yaitu nasionalisme, demokrasi dan sosialisme. Revolusi nasional di bawah pengaruhnya meletu di Wuchang 11 Oktober 1911. Mulanya revolusi ini berperan di Cina Selatan, sementara Cina Utara masih dikuasai orang Manchu (kaisar Pu Yi) dan para Warlord (panglima perang). Demi membentuk Cina bersatu (utara dan selatan) ia rela menjadi presiden jendral Yuan Shih Kai 1911-1916 (salah satu Warlord yang berpengaruh). Sementara Dr. Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton dan mendirikan KuoMinTang (Partai Nasionalis). Antara 1916-1922 di Cina terjadi kekacauan dan akhirnya dapat dipadamkan dan Dr. Sun Yat Sen menjadi preesiden sampai akhir hayatnya 1924.
Sebab-sebab timbulnya nasionalisme Cina adalah sebagai berikut:
1.      Lenyapnya kepercayaan rakyat Cina terhadap Dinasti Manchu. DinastiManchu yang  pernah membawa kejayaan Cina, kemudian menjadi pudar setelah kedua kaisar besar (K'ang Hsi dan Ch'ien Lung) meninggal. Akibatnya, lenyap pula kemakmuran Cina.
2.      Pemerintahan Manchu dianggap kolot dan telah bobrok.
3.      Adanya korupsi dan pemborosan yang merajalela, terutama di kalangan Istana Manchu.
4.      Kekalahan Cina dalam Perang Cina–Jepang I.
5.      Munculnya kaum intelektual Cina. Mereka telah mengenal pahampaham Barat, seperti liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi. Dari kaum intelektual inilah kemudian muncul cita-cita untuk menggulingkan pemerintahan Manchu.
B.       Sebab-Sebab Nasionalisme Cina
Sebab-sebab nasionalisme cina yaitu sebagai berikut:
1.    Dinasti mansyu bersikap kolot dan tertutup
2.    Dinasti mansyu lemah terhadap orang-orang asing. Hal ini mengakibatkan orang-orang asing yang ada di Cina bertindak seenaknya dan semaunya sendiri. Perang Candu 1, Perang Candu 2, Pemberontakan Taiping, dan Pemberontakan Boxer menunjukkan betapa merajalelanya orang asing di Cina. Bahkan melakukan perlawanan.
3.    Sebab khusus ketika orang-orang kaya Cina minta izi membangun jalan kereta api ditolak oleh mansyu, bahkan izi tersebut diberikan kepada orang asing. Rakyat Cina marah dan meletuslah Revolusi Cina 10 oktober 
C.      Jalannya Revolusi Cina
Revolusi Cina diawali adanya beberapa peristiwa berikut
1.         Perang Candu 1 ( 1839-1842)
Perang Candu 1 terjadi ketika 20.000ton Candu milik orang Inggris di Kanton-Cina dibakar orang-orang Cina atas perintah Mansyu. Inggris marah dan meyerbu Kanton. Mansyu tak mampu menghadapi seranan Inggris dan Cina menyerah pada Inggris. Perang diakhiri perjanjian Nanking 1842 yan berisi ketentuan sebagai berikut.
a.       Inggris berhak mendapatkan Hongkong.
b.      Inggris mendapatkan hak Ekstratorial.
c.       Lima pelabuhan Cina dibuka untuk bangsa asing.
d.      Cina membayar kerugian perang.
Dampak perang Candu 1 adalah Cina terbuka lebar untuk bangsa asing dan kedaulatan Cina diinjak-injak bangsa asing.

2.         Perang Candu 2 (1856-1880)
Merupakan bagian dari perang Candu 1 yang penyelesaiannya dirasa tidak adil, terutama bagi pihak Cina. Sebab perang Candu 2.
a.         Kapal Tiongkok berbendera Inggris ditahan pihak Cina
b.        Padri Perancis di Kwangsi di bunuh karena tidak memiliki surat iji masuk ke Cina.
Perang dengan mudah dimenangkan pihak Inggris dan diakhiri perjanjian Peing 1860 yang isinya sebagai berikut.
a.         Sebelas pelabuhan Cina dibuka lagi untuk bangsa asing.
b.        Jawatan Bea Cukai Cina dipegang badan internasional yang terdiri atas Inggris, Perancis,dan AS.
c.         Di Istana Kaisar di peking ditempatkan Dubes Inggris.
d.        Cina terbuka bagi bangsa asing .
3.      Pemberontakan Taiping (1850-1864)
Pemberontakan Taiping terjadi karena:
a.         Mansyu dianggap lemah terhadap bangsa asing  yang makin merajalela di Cina. Ini sebagai dampak pembukaan Cina setelah kalah dalam perang Candu 1 dan 2
b.        Timbulnya penderitaan dan kesengsaraan rakyat akibat pemerintahan feodal mansyu.
c.         Timbulnya keinginan rakyat untuk membangun masyarakat baru yang bahagia, sama rasa, dan sama rata.
Pemberontakan Talpin dipimpin oleh Hung Siu Tsjawan, seorang  Masehi yang berpaham sosialis. Pemberontakan Talping berhasil dipadamkan tentara asing dan Masyu.
4.      Pemberontakan Boxer (1900-1901)
Pemberontakan Boxer disebut juga dengan tinjukeadilan. Pemberontakan Boxer merupakan pemberontakan  tersebar kedua di Cina. Pemberontakan ini terjadi karena rakyat Cina merasa tidak puas
terhadap keadaan yang terjadi di Cina. Pimpinannya adalah ratu Tze Sji. Disebut pemberontakan Boxer karena para prajuritnya dibekali dengan kemahiran bertinju. Pemberontakan Boxer dapat ditumpas dengan kejam oleh tentara asing di Cina dipimpin oleh jendral von Waldersee dan diakhiri dengan perjanjian protokol yang isinya Cina harus membayar rampasan perang. Pemberontakan Boxer yang hampir saj meruntuhkan kekuasaan asing di Cina berakibat:
a.         Tiongkok jatuh ke tangan bangsa asing, bahkan bangsa asing akan membagi tiongkok di antara mereka sendiri. Rencana ini ditentang Amerika dan Amerika memberlakukan dijalankan “ Open Door Policy”bagi seluruh dunia, akhirnya tiongkok tidak jadi dibagi-bagi.
b.        Ratu Tze Sji  sadar bahwa bangsa tidak bisa dilawan dengan kekerasan, untuk membebaskan diri dari bangsa asing rakyat Tiongkok harus maju, belajar, dan memodernisasi negaranya seperti jepang.
D.      Revolusi Tiongkok ( 10 Oktober 1911)
Tanggal 10 Oktober 1911 Dr. Sun Yat Sen memproklamirkan Republik Tiongkok yang wilayahnya hanya meliputi Cina Sekatan ( karena utara masih dikuasai para warlod). Peristiwa ini sering disebut Wucang Day, atau Double Ten atau Revolusi Cina. Adapun sebab revolusi Cina adalah :
1.      Munculnya golongan modern yang menghendaki Cina maju dan modern.
2.      Munculnya semangat nasionalisme Cina yang meghedaki Cina maju dan modern.
3.      Sebab khususnya masalah perizinan pembuatan peralatan rel kereta api yang ditolak Masyu.
E.       Azas Sain Min Chu I
Dr. Sun Yat Sen membangun Cina modern dengan asas “ Sain Min Chu I” yang isinya.
1.      Nasionalisme
Artnya negara Cina Harus diperintah oleh orang Cina, ini berarti bahwa bangsa asing yang ada di Cina harus dilenyapkan.
2.      Demokrasi
Negara Cina harus diperintah berdasarkan kerakyatan, dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.
3.      Sosialisme
Negara Cina didirikan bukan untuk kesejahteraan sekelompok orang, melainkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.


F.       Partai Kuo Min Tang dan Kung Can Tang
Untuk mendukung asas  San Min Chu I, Dr. Sun Yat Sen mendirikan partai nasionalis Cina “ Kuo Min Tang “ tahun 1912. Selain Kuo Min Tang, berdiri pula Partai komunitas Cina Kung Can Tang oleh Lilisan tahun 1921. Hubunan kedua partai ini semula berjalan baik, namun tidak berapa lama hubunan kedua partai ini memanas.
G.      Perkembangan Revolusi Cina
1.      Partai nasionalis melawan partai komunis
Tahun 1925 Dr. Sun Yat Sen meninggal dan digantikan Chiang Kai Sek. Pada masa inilah hubungan kaum nasionalis dengan komunis memanas karena serangan yang dilakukan Ciang Kai Sek terhadap Komunis 1927.
2.      Long March
Menyadari kaum komunis belum kuat maka Mao Ze Dong memerintahkan kaum komunis melakukan long march dari Kiangsi ke Yenan tahun 1934-1935 dengan tujuan:
a.       Menjauhkan diri dari kekuatan nasionalis.
b.      Mendekatkan diri pada Rusia.
c.       Penduduk utara lebih mudah dipengaruhi daripada selatan.
d.      Daerah utara adalah tani tulen.
Dampak long march bagi kaum komunis :
a.       Kaum komunis makin militan.
b.      Jumlah mereka bertambah.
c.       Kesetiaan kaum komunis makin teruji.
3.      Tiongkok setelah P.D. II
Pasca perang dunia II hubungan kaum nasionalis dengan komunis makin memanas dan akhirnya pecah perang Nasionalis melawan Komunis. Dalam perang ini komunis dibantu Rusia dan nasionalis dibantu AS. Perang berakhir dengan kemenangan kaum komunis dan kekalahan kaum nasionalis.
Kaum komunis mendirikan pemerintahan RRT tangal 1 oktober 1949 dipimpin Mao Ze Dong dan kaum nasionalis menyingkir ke Taiwan di bawah Chiang Kai Sek.


H.      Revolusi Meletus di Cina Selatan
Mengapa revolusi Cina 1011 M meletus untuk pertama kalinya di Cina bagian selatan (Canton)? Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, mengapa demikian? Sebab Canton adalah pusat kegiatan dagang, pusat pertemuan berbagai bangsa. Perhubungan dengan dunia luar misalnya dilakukan melalui Canton, masuklah paham-paham, ide-ide dan pikiran barat yang liberal. Dari provinsi Kwangtung pula muncul tokoh-tokoh perjuangan nasional, seperti Sun Yat Sen yang mampu menghimpun mahasiswa Cina yang belajar di luar negeri, orang-orang Cina yang progresif. Mereka bersatu dan menggulingkan pemerintahan dinasti Manchu dan mengusir atau melenyapkan segala macam pengaruh bangsa-bangsa barat dengan hak-hak istimewa mereka. Karena letaknya yang strategis, maka Canton adalah paling terbuka untuk perhubungan denga negara lain. Selain itu rakyat yang tinggal di Cina Selatantergolong rakyat yang cerdas dan kuat. Gerakan anti-bangsa asing yakni bangsa Manchu dan Barat, semuanya berpusat di Selatan.



















BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Revolusi Cina 1911 terjadi karena timbulnya nasionalisme Cina.Nasionalisme Cina di bawah pimpinan Sun Yat Sen , gerakan nasionalisme Cina dilandasi oleh 3 hal yaitu: timbulnya angkatan baru yang berpaham modern, timbulnya rasa nasionalisme, wuchang day. Dengan adanya penyelewengan  dan kelemahan dinasti Manchu.  Dinasti Manchu merupakan pemerintahan asing sebab bangsa Manchu bukan penduduk asli Cina. Dinasti Manchu memerintah secara feodal, memperbudak rakyat Cina. Sesudah kaisar besar dari Manchu meninggal dunia, lenyap pulalah masa kemakmuran Cina. Dengan terjadinya perebutan kekuasaan diantara putra-putra kaisar.
Adanya kekacauan di Cina terwujud dalam peperangan dan diahkiri dengan perjanjian-perjanjian yang banyak merugikan Cina. Melalui canton (ibu kota kuantun) masuklah ide-ide, paham-paham, dan pikiran barat yang liberal. Mereka bersatu dan bersama-sama menggulingkan pemerintahan Manchu dan mengusir bangsa barat dari china.Hal ini menyadarkan rakyat Cina, terutama kaum muda untuk bangkit menyelamatkan bangsa dan negaranya.Sebagai tokoh pahlawan nasional nama Sun Yat Sen tercatat dalam sejarah dan sekaligus pemimpin  revolusi Cina, dengan ajarannya San Min Chu I (Tiga Asas Kerakyatan), yakni min t'sen (kebangsaan atau nasionalisme), min tsu (kerakyatan atau demokrasi ), dan min sheng (kesejahteraan atau sosialisme).
Hal lainya adalah meredanya pertempuran, serta yang paling berarti adalah kemerdekaan Cina karena telah menumbangkan dinasti Manchu karena dinasti inilah penyebab terjadinya perang disebabkan sistem pemerintahanya yang dinilai salah oleh kaum Revolusioner.
Pada masa revolusi Cina juga terjadi penyatuan 5 suku bangsa yang ada di Cina, hal inilah yang sebetulnya membawa perdamaian di Cina, yang mana secara resmi dinyatakan meletusnya revolusi di Wuchang pada tanggal 10 oktober 1911.
DAFTAR PUSTAKA

Laksana, Made. 2012. Sejarah revolusi Cina. [online] http://madehistoryca.blogspot.com. Diakses pada 01 Desember 2014 pukul 21.28 WITA
Nurhana, Laela Pujiwati. 2013. Revolusi Cina 1911. [online] http://ellapn.blogspot.com. Diakses pada 01 Desember 2014 pukul 21.49 WITA
Lestari, Dwi. 2013. Revolusi Cina 1911. [online] http://lestaridwi91.wordpress.com. Diakses pada 01 Desember 2014 pukul 21.50 WITA

3 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Betway to open new mobile app in December | MJhub
    The 사천 출장안마 Betway app was designed to allow 안양 출장샵 sports fans to 속초 출장마사지 engage with customers in a live and intuitive 밀양 출장샵 way. Users can create sports bets 여수 출장마사지 and

    BalasHapus

Pengikut